2011/08/11

Sisi Buruk Facebook Bagi Anak Sekolah

Kawan, Facebook sudah sangat populer. Bahkan Indonesia adalah negeri ketiga terbesar dengan pengguna jaringan sosial ini.

Social Media memang banyak manfaatnya. Untuk berkomunikasi dengan kawan, kerabat dan saudara. apalagi bagi yang jarang berjumpa atau tinggal berjauhan. Facebook bisa menjadi pengobat rindu.

Tapi jaringan sosial ini punya sisi buruknya juga, teristimewa buat anak-anak sekolah.



Aku Kaget

Larry Rosen, psykolog de Cal State Domingues Hills University, Amrik
menganalisa selama lebih 25 tahun dampak teknologi bagi manusia. Baru-baru ini dia merampungkan penelitian dampak media sosial pada anak-anak. Temuanya dipresentasikan di konferensi para psychologen in Washington. Aku cukup kaget juga.


Facebook dan Kesehatan

Penelitian ini mengkaitkan kadar penggunaan media sosial seperti Facebook dengan masalah kesehatan. Anak-anak muda yang banyak main games di internet berpeluang lebih besar mengalami keluhan seperti sakit maag dan masalah insomnia, depresi dan juga ketakutan. Dampak lain menurut hasil penelitian itu, anak-anak jadi lebih sering bolos sekolah dibanding anak yang tidak sering gaming dan Facebokan.

Lebay dan Narsis
Dampak lain adalah remaja yang doyan Facebook cenderung lebay dan narsis. Bahkan anak yang sering online mengalami lebih banyak masalah prilaku a-sosial, paranoia, dan konsumsi alkohol berlebihan.

Prestasi Merosot
Belum lagi masalah konsentrasi yang menggelayuti anak-anak yang kecanduan. Menurut Pak Larry, anak yang kecanduan susah fokus belajar. Kalau dia 15 menit membaca, hanya dua sampai 3 menit dia benar-benar bisa konsentrasi.
Waktunya banyak terbuang dengan melihat dan melirik HP dan melihat pesan masuk. Nilai-nilai sekolahnya juga lebih rendah dibanding yang tidak aktif di Facebook.


Sisi Positif

Walau demikian Facebook menurut bapak ini, punya dampak positif juga. Anak bisa mengenal dunia luar secara aman. Bisa melihat-lihat dan berkomunikasi dengan orang lain, saudara jauh tanpa harus langsung kasih jawaban. Jadi untuk anak yang pemalu, Fecebook bisa memberi ruang untuk keluar dari isolasi.

Tapi kebanyakan penelitian lain juga melihat dampak positif. Karena popularitas dan perluasan penggunaan Facebook berarti pula peningkatan lapangan pekerjaan bagi sektor IT, programmers dan perancang games. Selain itu kebanyakan perusahaan juga mendukung karyawannya menggunakan media sosial. Karena banyak perusahaan yang juga sudah punya akun Facebook.

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Contact

Info Serbalanda

Silakan Menghubungi Whatsapp atau Mengisi Formulir

Kantor:

ALMERE - BELANDA

Jam Buka:

Kami Selalu Siap Dihubungi

WHATSAPP:

+31645003336