2012/07/17

Penutup Lampunya Koleksi Museum

Sepeda atau Onthel pertamaku merek Fongers buatan tahun 1939. Aku beli tanggal 15 Juli 2012 lalu dari Simon seorang pria Belanda yang tinggal di Berkel en Rodenrijs di Zuid Holland. Mungkin Fongers Jenis H60 3922-84 ini awal dari perkenalan dengan sepeda tua.

 

Lampu Istimewa
Berko atau lampu sepeda ini sudah cukup istimewa dan punya sejarahnya sendiri. Mereknya BOSCH "Rotodyn." Made in Germany, saya akan tulis lebih lanjut tentang sejarahnya. Bukan itu saja, lampu itu memiliki kepingan besi berwarna hitam yang difungsikan sebagai peredup sorotan lampu. Konon peredam sinar itu dipakai untuk 'menyamarkan posisi' dari intaian musuh. Barang itu dibuat untuk masa sebelum Perang Dunia II. (1923-1940.)

Barang hitam dan kusam itu memiliki nilai sejarah yang tinggi. Buktinya Museum Rotterdam memiliki satu barang Fa Ko|Type I.L.B.| No. 006| 3" dalam koleksinya (Gambar 2.) 


Gambar 1. Inilah Berko Sepedaku


Harga Rahasia
Saya menemukan sepeda itu di situs jual-beli Belanda, de Marktplaats. Maka ketika melihat ada tawaran sepeda Fongers dengan harga yang tidak terlalu mahal maka keputusan langsung diambil. Seperti nasihat para kolektor ulung penyuka sepeda tua, "soal harga kita bicarakan lewat kontak pribadi."

Gambar 2. Fa Ko|Type I.L.B.| No. 006| 3" Koleksi Museum Rotterdam


Sentuhan
Rasanya memegang barang tua berbeda dengan hanya sekedar membacanya. Sebagai pemula, aku masih harus  mengenalinya langsung, menyentuhnya mengamatinya, logo dari sepeda tua. Aku tidak butuh waktu lama untuk bisa memutuskan memang saya ingin barang itu. Hanya lima menit saja aku di rumah penjual itu sebelum mengangkut di manis Fongers 1939 itu. 

Saling Menghormati
Walaupun Aslam, anak saya tidak terlalu antusias dengan keputusan itu, tapi dia bisa menghormati pilihanku. Seperti halnya aku juga mencoba menghargai keputusan-keputusan dia kalau membelanjakan uang sakunya untuk mainan. 

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Contact

Info Serbalanda

Silakan Menghubungi Whatsapp atau Mengisi Formulir

Kantor:

ALMERE - BELANDA

Jam Buka:

Kami Selalu Siap Dihubungi

WHATSAPP:

+31645003336