2015/06/24

Volendam Makin Istimewa Saja!

Suasana tradisional akan terasa kental di Volendam, Sabtu dan Minggu ini. Festival khusus untuk warga Volendam, menawarkan pertunjukan menarik. Mereka berpawai dan bersuka ria dengan pakaian adat Volendam. Tidak ada hari lain dimana banyak orang mengenakan pakaian adat, seperti yang selama ini kita lihat hanya di studio-studio foto.

Volendammerdag
Hari Volendam atau orang lokal menyebutnya “Volendammerdag” adalah hari khusus untuk masyarakat Volendam berkumpul dengan mengenakan pakaian adat. Eka Tanjung sebagai orang asing, bisa mencicipi sisi lain Belanda yang tidak kita temukan di hari-hari biasa.
Volendam Dery 2015-04-28 13.56.17Harmoni
Acara budaya Volendammerdag, dirayakan sekali setahun saja. Event ber-thema-kan Sekarang, Dahulu dan Masa Depan dari kampung nelayan Belanda yang kondang seantero jagad itu. Kebersamaan yang harmonis akan terasa pada hari itu. Penduduk lokal kampung kecil nelayan itu menyadari betul ketergantungan kehidupan mereka pada pemasukan dari pariwisata.
Kesadaran Budaya
Dengan kesadaran itu mereka bersama-sama membentuk yayasan dan komisi untuk tetap mempertahankan keunikan desa mereka dan sama-sama saling bahu membahu untuk terus mempromosikan ke dunia luar. Di jalanan sepanjang tanggul “Haven” berjejer pedagang souvenir dan restoran yang ditujukan untuk penduduk lokal dan juga untuk para turis.
Beda dari Biasanya
Eka Tanjung merasakan keunikan Volendam. Rasa nyaman dan damai bila datang ke tempat itu, walaupun hanya untuk kunjungan sejenak saja. Lawatan satu jam sudah cukup. Berfoto memakai baju tradisional seperti para artis dan para selebriti Indonesia, Almarhum Gus Dur, Maya Rumantir, Taufik Kiemas, Andy Noya dll.
Visafslag_volendam_01Sementara menunggu foto selesai dicetak, kita berkesempatan melihat-lihat barang souvenir untuk oleh-oleh, dan mencicipi makanan khas Volendam, kalau sedang tidak puasa tentunya haha. Tersedia Poffertjes, Wafels, Ikan Haring, Ikan Paling atau ikan goreng Kibbeling atau Lekkerbek dengan saus Bawang Putih campur Mayonaise. Dalam setengah jam kemudian, hampir semua tempat di Volendam sudah terjamah. Kecuali Anda ingin menyeberang dengan ferry ke pulau seberang. itulah kegiatan standar yang bisa dilakukan di Volendam.
Lain sekali kalau Anda datang hari Minggu 28 Juni, akhir pekan mendatang ini. Suasananya akan sangat berbeda. Bukan saja berbeda bagi wisatawan, tetapi istimewa juga buat orang Belanda sendiri dan penduduk setempat.
Puasa?
Ahad ini penduduk kota Volendam dan warga lain Belanda akan berbondong untuk mencicipi dapur asli ‘Volendammer keuken.’  Bagi Anda yang menjalankan ibadah puasa, bukan alasan untuk melewatkan Volendammerdag ini. Sebab sajiannya bukan saja makanan. Tetapi lebih banyak dari itu. Dapur di sini maksudnya acara sehari penuh dengan percampuran budaya, seni, oleh raga dan musik. Jika Anda ingin mencicipi warna asli kampung nelayan Volendam maka hukumnya wajib datang Ahad 28 Juni ini. Festival ini dilangsungkan serempak di kota Volendam. Bukan saja di kawasan Haven tapi juga di dalam kotanya sendiri.
Volendam_02 (1)Senang Berfoto
Hari Minggu itu Volendam akan menengok kembali ke sejarah,  ke masa ketika semua orang masih mengenakan pakaian tradisional. Tua dan muda berpakaian adat berjalan kian kemari diiringi suara musik tradisional dan juga musik moderen. Pengalaman Eka Tanjung mengenali karakter penduduk Belanda di saat festival seperti ini, mereka senang diajak foto bersama. Sebab bagi penduduk lokal,happening ini juga istimewa. Mereka sudah lama menantikan hari itu. Jadi para warga lokal yang berpakaian tradisional itu akan senang jika diperhatikan dan diajak untuk foto bersama.
Selain itu di berbagai titik kota berlangsung kegiatan menarik. Seperti
Misa di Gereja Santo Vincentius
Secara tradisional, penduduk Volendam menganut agama Kristen. Pada hari Minggu mereka memulai hari dengan acara misa pukul 9.30 di Gereja Vincentius. Para anggota Koor Santo Caecilia dan Volendams Vocaal Ensemble, berpakaian adat mengumandangkan lagu-lagu kebaktian.
Mulai sekitar pukul 11:30 di Pusat Kota dan sekitar Pelabuhan, pertokoan souvenir berlangsung berbagai kegiatan:
Di Europaplein dan Zeestraat
Pasar kaget khusus nostalgia hiburan anak-anak zaman baheula. Menarik untuk anak-anak usia 4-12 tahun. Si Badut Peppino akan menghibur dengan seni balon-balon berbagai bentuk. Kelompok Tari Club & Buurthuis mulai memperagakan kebolehan mulai jam 11.30 dan disusul dengan kelompok senam Mauritius menunjukkan kelenturannya mulai pukul 12:00.
Gudang Ikan
Pakaian Tradisional dan Ikan Paling (Belut Laut) menjadi thema utama di Visafslag. Di sana para ibu dari Yayasan Pakaian Adat Volendam, berpakaian tradisional memperagakan jahitan dan pembuatan pakaian tradisional yang kondang itu.
Belut Asap
Dan masih banyak acara dan pertunjukkan lainnya yang melengkapi hari itu. Anda pun bisa naik perahu berlayar di Markermeer, dengan harga khusus yang lebih murah. Selain itu mata Anda akan dihibur dengan hadirnya berbagai macam kapal yang bersandar di pelabuhan. Dan tentu saja Ahad itu Anda bisa mencicipi Belut Asap, Gerookte Paling yang kondang itu. Jangan kaget dengan harganya, karena Paling termasuk ikan mewah yang tidak murah.
Pokoknya dijamin Anda tidak bakal menyesal jika ke Volendam pada Ahad 28 Juni 2015 ini. Eka Tanjung punya kesan, ini hari istimewa, sekalipun tidak harus makan siang hari karena sedang berpuasa. Penulis sendiri berhalangan hadir karena ada kewajiban lain. Menyesal juga sih sebenarnya, karena tidak ada hari lain di Volendam dimana penduduknya massal berpakaian tradisional yang kondang itu.
Jangan Kalah!
Jangan lupa, siapkan Kamera untuk membuat gambar-gambar yang mengesankan.. jangan lupa dishare kepadaSerbalanda. Penulis sebagai orang Indonesia yang mencintai negaranya, menyarankan jika Anda datang ke Volendam, Ahad ini untuk juga mengenakan pakaian adat Nusantara. Bisa memakai batik, atau blankon, atau baju daerah atau bahkan Koteka! Why not, toh cuaca kemungkinan akan panas..

Contact

Info Serbalanda

Silakan Menghubungi Whatsapp atau Mengisi Formulir

Kantor:

ALMERE - BELANDA

Jam Buka:

Kami Selalu Siap Dihubungi

WHATSAPP:

+31645003336