2012/07/20

Makan Siang di Bulan Ramadan di Belanda

Sebagian umat Islam di Belanda mulai berpuasa hari Jum'at 20 Juli 2012 ini.  Mereka yang tidak menjalankan rukun Islam ke empat itu, punya alasan sendiri.

Ada tiga kelompok muslim yang makan di siang hari bulan Ramadan.
  1. Kelompok pertama adalah orang yang makan karena memang mendapat pengecualian. Ragamnya menurut berbagai sumber ada sepuluh. Wanita yang datang bulan, Nifas, Menyusui, atau orang yang sakit, Lanjut Usia, Pekerja Berat Fisik, Anak-anak, Gila, sedang dalam perjalanan, dll. Pada kelompok ini ada yang makan di depan umum dan ada pula yang sembunyi-sembunyi.
  2. Menarik adalah kelompok kedua dan ketiga. Kelompok muslim ini bukan dari kelompok pertama tapi menyantap makanan di depan umum. Mereka ini berlatar belakang agama islam, tapi sudah melepaskan diri dari kewajiban berpuasa. Koran Belanda, de Volkskrant mencontohkan seorang muslim keturunan Palestina Belanda berusia 34 tahun yang mengatakan bahwa puasa adalah urusan pribadi antara manusia dengan Tuhan. Kalaupun dia makan di tempat umum, itu adalah tanggungjawab pribadi dia terhadap Tuhan. Jumlah kelompok ini memang tidak besar dibandingkan dengan yang berpuasa, kata de Volkskrant. 
  3. Lebih besar lagi adalah kelompok muslim di Belanda yang dengan sadar, tidak berpuasa di bulan Ramadan. Mereka makan seperti hari-hari di luar bulan ramadan. Bedanya, mereka tidak makan di tempat umum. Jadi secara kasat mata mereka kelihatan seperti sedang berpuasa saja.
Serbalanda sendiri berrencana berpuasa selama bulan Ramadan (20 Juli s/d 19-20 Agustus 2012) ini. Tapi menyadari durasi yang panjang, maka penulis tidak akan sempat memperhatikan orang lain. Jarak antara Imsak dengan Magrib saja sudah sekitar 18 jam, maka butuh ketekunan dan kekuatan mental. Boro-boro memperhatikan orang.



Menarik justru kisah seorang homo asal Antila yang pernah Serbalanda temui dalam acara buka bersama di Amsterdam beberapa tahun lalu. Dia bukan muslim, tetapi dengan sadar menjalankan puasa dari awal sampai akhir, sebulan penuh. Ditanya soal alasannya cowok keren yang mirip Greg Andrew itu mengatakan: "Aku ingin selalu dekat dengan kekasihku. Dia seorang pria muslim yang taat berpuasa. Jadi dengan berpuasa ini saya ingin membuktikan cinta saya dan ingin mendampingi dia saat sahur dan buka puasa."


Dalam kasus cowok keren ini pun Serbalanda tidak akan melarangnya untuk berpuasa. Silakan saja kalau mau puasa atau tidak. Itu urusan dia dengan Penciptanya!
Greg dan Doutzen


0 Tanggapan:

Posting Komentar

Contact

Info Serbalanda

Silakan Menghubungi Whatsapp atau Mengisi Formulir

Kantor:

ALMERE - BELANDA

Jam Buka:

Kami Selalu Siap Dihubungi

WHATSAPP:

+31645003336