2011/07/02

Penyuka Jazz Kudu ke North Sea Jazz Festival!

8, 9 dan 10 Juli 2011 Rotterdam jadi episentrum musik Jazz. Musisi berbagai aliran jazz dari segala sudut datang ke festival jazz paling akbar Belanda: North Sea Jazz. Tiket seharian sekitar 90 euro, tidak mahal buat yang gila jazz dan ini langka gichu lho!



Prince
Bakal unjuk kebolehan Esperanza Spalding, Paul Simon, Snoop Dogg, Mavis Staples, John Scofield, Madeleine Peyroux, Kyteman dan tahun ini ada Prince.

Indonesia Mana?
Sayang sekali tidak ada musisi Indonesia yang manggung di Ahoy Rotterdam itu. Kelompok Bhaskara pernah nongol beberapa kali. Terakhir 1991, CMIIW.

Formasi Jazz Indonesia yang terakhir unjuk kemampuan di NSJ, "Krakatau" tahun 2005.

Ada keturunan Maluku, Jessica Manuputty, aliran Jazz Soul tidak tampil tahun ini. Sayangé!

Berkembang
North Sea Jazz (NSJ) Festival merupakan salah satu event internasional. Dari tahun ke tahun terus berkembang. Di mulai sejak 1976 di Congresgebouw Den Haag. Sejak 2006 menempati gedung baru sampai sekarang : Ahoy Rotterdam.

35 tahun silam bermula dengan enam ruang konser, 300 musisi dan sekitar 9000 pengunjung. Legendaris Sarah Vaughan, Count Basie, Dizzy Gillespie dan Stan Getz berada di baris awal kelahiran NSJ.

Saat ini NSJ berkembang menjadi 15 ruang konser, 1300 musisi dan penikmat antara 65 sampai 70 ribu pengunjung dalam tiga hari.

Jazz Campur
North Sea Jazz kondang karena keragaman genres, dari New Orleans jazz, swing, bop, free jazz, fusion, avant-garde jazz sampai electronic jazz. Tapi tidak ketinggalan pula blues, gospel, funk, soul, r&b, hiphop, world beat dan latin. Semua bisa dirasakan di festival ini.

Nama-nama besar yang sudah menunjukkan kebolehan Nat Adderley, Erykah Badu, Paul Anka, Steve Coleman, Miles Davis, Candy Dulfer, Ibrahim Ferrer, Ella Fitzgerald, Alicia Keys, Lionel Hampton, Al Jarreau, B.B. King, Wynton Marsalis, Trijntje Oosterhuis, Jamiroquai dan The Zawinul Syndicate.

NSJ juga memberi podium bagi bakat-bakat muda untuk melejit, seperti Shirley Horn, Tania Maria, Roy Hargrove dan Rachelle Ferrell.

Dulu, Kini dan Nanti
Ini yang bikin North Sea Jazz begitu uniek. Satu festival selama tiga hari berisi semuanya yang bernuansa jazz, dari masa silam, kini dan nanti. Harga karcisnya memang tidak murah, dari sekitar 90 euro perhari sampai paket 250 euro tiga hari. Bisa lebih kalau nonton artis khusus. Tapi kalau memang suka jazz dan sedang di Belanda, mengapa tidak?

Sumber: North Sea Jazz

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Contact

Info Serbalanda

Silakan Menghubungi Whatsapp atau Mengisi Formulir

Kantor:

ALMERE - BELANDA

Jam Buka:

Kami Selalu Siap Dihubungi

WHATSAPP:

+31645003336