2014/03/14

Siapkan Receh, Nikmati 26 April 2014!!

Tanggal 26 April 2014 ini adalah hari yang dinantikan masyarakat Belanda untuk boleh tampil nyeleneh di tempat umum.  Pada hari Raja atau Koningdag ini digelar berbagai festival di seluruh negeri, konser dadakan dan mencari barang antik di pasar bebas de vrijemarkt.

Serbalanda sudah menyiapkan uang recehan kepingan 5, 10, 20, 50 sen serta 1 dan 2 euroan untuk dibelanjakan barang antik dan unik yang dijajakan di sepanjang jalan pada hari itu. Barang-barang itu berasal dari gudang warga yang dijajakan dengan harga yang sangat murah. Untuk si penjual itung-itung cuci gudang dan meramaikan suasana ulang tahun Raja. Jadi bukan karena tujuan mencari laba besar. Barang berkualitas dengan harga yang miring tidak selalu kita temukan di hari-hari lain di jalanan.

Belanda yang ketat secara pajak jual beli, membuat pengecualian untuk Hari Ratu atau Hari Raja. Semua orang bisa menjual segala macam barang dan jasa, tanpa harus berurusan dengan pajak. Ada yang menjual sepatu bekas, lampu dan jam antik, barang-barang souvenir dan lainnya. 

Walau demikian pemerintah Belanda masih memberlakukan pengawasan ketat bagi penjualan makanan atau minuman. Alasannya karena makanan yang dijual di pinggir jalan, dan tidak disimpan di lemari es yang memadai, bisa berdampak buruk pada kualitas makanan. 

Hari Ratu 2012

Sehingga panganan bisa cepat basi. Pemerintah merasa bertanggungjawab untuk menjaga kesehatan masyarakat, agar tidak keracunan makanan.

Hanya penjual berizin usaha dan memiliki sarana penyimpanan lengkap yang boleh menjajakan makanan di hari Raja ini. Aturan ketat soal makanan ini sebenarnya baru diterapkan 15 tahun terakhir, ketika mulai banyak keluhan masyarakat. 

Serbalanda sendiri pernah berjualan Cake Pandan, Lumpia dan Cendol di hari Ratu, 20 tahun silam. Ketika itu aturannya belum ketat. Begadang selama 24 jam, dari sore hari sampai sore hari berikutnya menghasilkan laba yang lumayan untuk uang saku seminggu. Ketika itu Serbalanda meraup keuntungan 125 Gulden dari penjualan makanan dan Cendol. 

Bagi kawan yang kebetulan di Belanda pada tanggal 16 April ini, beruntung karena bisa mengikuti even penting milik orang di Belanda. 

Kegiatan ini uniek, dan tidak didisain untuk para turis, tapi untuk menghibung rakyat Belanda. Berbeda dengan umpamanya foto tradisional di Volendam yang dibuat khusus untuk para wisatawan.

Justru, kejadian yang 'asli' semacam ini yang harus dicicipi dan di rasakan ketika kita berada di negara lain. Selamat menikmati buat kawan dari Indonesia yang ada di Belanda, tanggal 26 April ini. 
Semoga saja cuacanya cerah dan mendukung untuk jalan-jalan. Siapkan receh dan pilih sepatu yang kuat dipakai jalan-jalan jauh. 




Contact

Info Serbalanda

Silakan Menghubungi Whatsapp atau Mengisi Formulir

Kantor:

ALMERE - BELANDA

Jam Buka:

Kami Selalu Siap Dihubungi

WHATSAPP:

+31645003336