2011/11/12

Publik Belanda Sadar, Indonesia Makin Maju

Komentar tentang berita-berita Indonesia di media Belanda sangat menarik untuk diamati. Contohnya berita soal 'pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pesat.' 

Tajuk diskusi Nujij menyadur tulisan dari situs lain MacanAsia: "Dunia kena krisis finansial atau tidak, ekonomi Indonesia tetap tumbuh pesat. Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, dibanding setahun sebelumnya tumbuh 6,5% pada catur wulan ketiga  2011 ini."
 
Walaupun artikel aslinya lebih memberikan nuansa jelas, tapi komentar di bawah artikel sudah mulai panas. Ada yang muak dengan kondisi Belanda dan ada pula yang mengritik Indonesia. Tapi pada dasarnya tidak ada yang meragukan pertumbuhan pesat di Asia dan krisis di Eropa. 

Alih bahasa dari berapa komentar.
Seorang berinisial 'Amaalia' mengkritisi: "Kekayaan Indonesia sama banyaknya dengan korupsinya. Di darat maupun di laut. Awalnya kita orang Belanda yang mengeruk kekayaan di sana, sekarang giliran Amerika, Jepang dan orang-orang Cina. Seperti itu kok disebut sebagai kekayaan melimpah."

Di bawahnya 'Sterke Tijger' menimpali tulisan 'Amaalia': "Tampaknya kamu tidak membaca artikel itu dengan baik. Di sini disebutkan bahwa Indonesia mampu membangkitkan ekonomi dengan kekuatan sendiri. Bukan tentang orang-orang Cina yang menguras."
 
Komentar dari 'hein2' sangat ironis: "Jiaaah, pantas saja mereka tidak pakai euro (mata uang Eropa yang bermasalah. red.), jadi ekonominya bisa tumbuh."
 
'elric' kecewa dengan Belanda: "Saya sudah jenuh dan muak dengan Belanda dan kebijakan pemerintah. Saya rasa Indonesia jauh lebih baik dari Belanda. Ini pula alasannya banyak mahasiswa yang ke luar dari Belanda. Di Asia kehidupannya lebih baik. Di NL sini gelandangan akan mati tanpa ada yang mempedulikan sama sekali."

'Zheng' mengatakan soal masa depan: "Masa depan ada di benua itu (Asia red.), maka dari itu sebaiknya jangan disini (Belanda red.) Ayo menabung, kumpulkan uang dan berangkat ke sana. Usahakan punya ketrampilan, tapi ingat pula.. di sana persaingannya sangat ketat."
 
Diskusi itu juga mendapat komentar dari orang Belanda yang kemungkinan tinggal di Indonesia. Namanya 'William7:"Kelihatan sekali orang-orang yang berkomentar di sini tidak tahu sama sekali tentang Indonesia. Cobalah tinggal di sana, maka kalian akan merasakan 'kehidupan enak.' Negara di benua ini (Indonesia red.) mentalitasnya adalah uang, uang dan uang. Kalau tidak korupsi, ya menipu, mencuri dan berbohong. Kalau sudah hidup di sini (Indonesia red.) maka kamu akan menyadari bahwa Belanda tidak menghasilkan apa-apa ketika 'menjajah' negeri ini. Hanya orang-orang Cina yang 'pandai' kerja keras dan orang Indonesia sendiri sangat malas. .... benar di sini persaingan sangat ketat. Kekayaan Indonesia terutama dari sumber alam, orang bodoh dan orang-orang Cina lah yang menguasai ekonomi disini."

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Contact

Info Serbalanda

Silakan Menghubungi Whatsapp atau Mengisi Formulir

Kantor:

ALMERE - BELANDA

Jam Buka:

Kami Selalu Siap Dihubungi

WHATSAPP:

+31645003336